Lompat ke konten
Home » Kedokteran » Cara Mengatasi Ketiak Basah dan Bau

Cara Mengatasi Ketiak Basah dan Bau

  • oleh

Keringat berlebihan di ketiak memang tidak nyaman, tetapi tidak harus selalu menjadi hal yang tak dapat diatasi. Ada banyak cara untuk mencegah keringat dan bau ketiak secara alami yang bisa Anda coba langsung di rumah, diantaranya adalah :

1. Jangan langsung berpakaian setelah mandi

Image by : https://pixabay.com

Setelah Anda mandi, tunggu beberapa menit sebelum Anda berpakaian. Ini sangat penting jika Anda mandi air panas atau tinggal di iklim yang panas dan lembab. Membiarkan tubuh menjadi dingin dan kering sebelum Anda mengenakan pakaian dapat membantu mencegah ketiak Anda berkeringat segera setelah Anda mandi.

2. Cukur bulu ketiak Anda

Mencukur ketiak bisa mengurangi keringat berlebih. Rambut menahan kelembapan, dan rambut ketiak tidak terkecuali. Jika Anda sudah mengalami keringat berlebih di ketiak, mencukur sangat penting. Dan jika Anda terus-menerus melawan bau badan bersamaan dengan keringat, bercukur juga dapat membantu mengurangi atau menghilangkannya.

3. Hindari makanan yang memicu keringat

Image by : https://pixabay.com

Jika Anda merasa terlalu banyak berkeringat, mengurangi atau menghindari makanan yang memicu keringat dapat membantu.

Makanan dengan kandungan serat yang rendah memaksa sistem pencernaan Anda bekerja lembur untuk memecah makanan Anda. Diet tinggi natrium berarti tubuh Anda akan mendetoksifikasi semua garam itu dalam bentuk urin dan keringat berlebih. Dan makan makanan yang tinggi lemak menyebabkan bagian dalam Anda menghangat saat tubuh Anda memproses lemak.

Beberapa makanan dan minuman lain yang bisa memicu ketiak berkeringat antara lain:

  • minuman keras (alcohol) dan bir
  • bawang putih dan bawang bombay
  • makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi
  • kafein
  • hidangan panas dan pedas
  • es krim
  • dan lainnya

4. Konsumsi makanan yang mencegah keringat

Beberapa makanan sebenarnya dapat mengurangi jumlah keringat yang diproduksi tubuh Anda dan menenangkan kelenjar keringat yang terlalu aktif dalam prosesnya. Anda juga sebaiknya mencari makanan yang tidak terlalu merangsang sistem saraf Anda dan menenangkannya.

Beberapa makanan penurun keringat yang mungkin ingin Anda konsumsi meliputi:

  • air
  • makanan dengan kandungan kalsium tinggi (seperti produk susu dan keju)
  • kacang almond
  • pisang
  • air dadih
  • sayuran dan buah-buahan dengan kandungan air tinggi (mis., Semangka, anggur, melon, brokoli,bayam, kembang kol, paprika, terong, kol merah)
  • minyak zaitun
  • gandum
  • teh hijau
  • ubi jalar

5. Tetap terhidrasi

Minum banyak air putih dan mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi dapat menjaga tubuh tetap sejuk dan mencegah keringat berlebih di ketiak.

6. Kenakan pakaian yang bisa bernapas dan longgar

Mengenakan pakaian ketat – terutama pakaian yang pas di bawah lengan – bisa menyebabkan noda di ketiak. Mereka juga bisa membuat Anda lebih banyak berkeringat Sebaliknya, coba kenakan kain yang bernapas dan pakaian yang lebih longgar. Ini akan membuat ketiak Anda menjadi dingin dengan baik dan dapat membantu mencegahnya berkeringat dan menodai pakaian Anda.

7. Hindari kafein

Kafein merangsang sistem saraf dan meningkatkan keringat. Ini juga menyebabkan tekanan darah Anda meningkat, meningkatkan detak jantung Anda, dan membuat kelenjar keringat Anda bekerja dengan cepat.

Dan jika Anda penggemar kopi atau minuman panas lain yang mengandung kafein, Anda bisa berada di hari yang sangat berkeringat karena minuman panas menaikkan suhu tubuh dan menyebabkan keringat. Cobalah mengurangi atau menghilangkan kafeina sama sekali.

8. Berhenti merokok

Image by : https://pixabay.com

Nikotin yang Anda konsumsi saat Anda merokok – seperti halnya kafein – meningkatkan suhu tubuh Anda, membuat jantung Anda berdetak lebih cepat, dan menyebabkan kelenjar keringat Anda bekerja lembur. Merokok dikaitkan dengan sejumlah masalah terkait kebersihan dan kesehatan lainnya seperti bau mulut, gigi bernoda, dan kanker. Jadi, jika Anda siap untuk mengurangi keringat berlebih dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, berhenti merokok mungkin bisa menjadi jawaban untuk Anda.

9. Gunakan antiperspiran topikal

Bosan dengan noda keringat di baju Anda? Cobalah membuang deodoran standar Anda dan beralih ke antiperspiran. Jadi gunakanlah deodoran berbahan antiperspiran yang dapat Anda beli di mini market maupun di took kosmetik .

Antiperspirant berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab bau dan secara aktif memblokir kelenjar keringat untuk memproduksi keringat di ketiak. Ini bisa membantu meringankan ketidaknyamanan Anda.

Penting juga untuk memastikan Anda menggunakan deodoran antiperspiran dengan benar sehingga dapat bekerja maksimal, berikut ini adalah penggunaan deodorant antiperspiran :

  • Gunakan antiperspiran hanya pada kulit yang kering dan bersih (jangan gunakan pada ketiak yang sudah berkeringat atau ketiak yang masih lembap karena mandi).
  • Cukurlah ketiak Anda, karena rambut dapat menghalangi antiperspiran untuk bekerja. (Namun, pastikan untuk tidak segera mencukur sebelum mengaplikasikannya, karena antiperspirant dapat mengiritasi kulit yang baru dicukur.)
  • Beri waktu untuk bekerja; bisa memakan waktu hingga empat hari bagi Anda untuk merasakan efek dari antiperspiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.