Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Cara Memperbaiki Mood Wanita

Cara Memperbaiki Mood Wanita

  • oleh
  • November 2, 2020November 2, 2020

Jika Anda seorang wanita, mungkin pernah merasa marah atau frustrasi saat merasa bahagia atau gembira, Anda mungkin pernah mengalami perubahan suasana hati. Perubahan emosi (Mood) yang tiba-tiba dan dramatis ini mungkin tampak seperti kejadian tanpa alasan. Namun, ada beberapa penyebab umum yang mungkin menjadi penyebab.

Apa yang menyebabkan perubahan mood pada Wanita ?

Banyak kondisi dan pilihan gaya hidup yang dapat menyebabkan wanita mengalami perubahan mood yang parah. Diantaranya adalah :

1. Sindrom pramenstruasi

Sindrom pramenstruasi (PMS) adalah sekelompok gejala yang terjadi pada wanita 1 hingga 2 minggu sebelum menstruasi. Selain perubahan suasana hati, PMS dapat menyebabkan kelelahan, perubahan nafsu makan, depresi, kembung, dan lainnya. Mayoritas wanita – 90 persen – mengalami beberapa gejala mirip PMS sebelum menstruasi. Tingkat keparahan gejala ini dapat berubah dari bulan ke bulan. Mereka mungkin menjadi lebih buruk atau membaik seiring bertambahnya usia.

Tidak jelas mengapa periode pramenstruasi ini menyebabkan gejala tersebut. Peneliti menduga bahwa pergeseran hormon estrogen kemungkinan besar menjadi penyebabnya. Pada hari dan minggu sebelum menstruasi, kadar estrogen wanita naik dan turun secara dramatis. Mereka turun 1 hingga 2 hari setelah menstruasi dimulai. Pergeseran ini dapat memengaruhi suasana hati dan perilaku.

2. Gangguan dysphoric pramenstruasi (PMDD)

Premenstrual dysphoric disorder (PMDD) adalah jenis PMS yang lebih parah dan jarang terjadi. PMDD mempengaruhi hingga 5 persen wanita usia subur. Gejala PMDD termasuk perubahan suasana hati yang ekstrem, depresi parah, mudah tersinggung, dan banyak lagi.

Perawatan gaya hidup saja jarang cukup untuk mengobati PMDD. Banyak wanita akan menggabungkan pengobatan alternatif – seperti manajemen stres dan perubahan pola makan – dengan pengobatan untuk meredakan gejala, termasuk perubahan suasana hati yang ekstrem.

3. Stres

Stres dan kekhawatiran memengaruhi tubuh dan kesehatan Anda dengan berbagai cara yang tidak sehat. Salah satu area seperti itu bisa menjadi mood Anda. Frustrasi, khawatir, dan stres yang terus-menerus dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang parah, bersama dengan masalah psikologis lainnya.

4. Penyebab psikiatri

Gangguan psikologis dan kondisi perilaku dapat memengaruhi disposisi dan menyebabkan gejala seperti perubahan suasana hati. Gangguan ini termasuk attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), depresi, bipolar disorder, dan banyak lagi. Mengobati kondisi ini kemungkinan besar akan meredakan gejala perubahan suasana hati yang ekstrem dan gejala lain yang mungkin Anda alami.

5. Ketidakseimbangan hormon

Estrogen mungkin berperan dalam perubahan suasana hati terkait PMS, tetapi hormon lain juga dapat memengaruhi suasana hati. Hipotiroidisme, suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon, adalah kelainan hormon yang umum. Ini dapat mempengaruhi suasana hati dan menyebabkan gejala lainnya.

6. Masa pubertas

Pubertas adalah masa perubahan emosional, fisik, dan psikologis dalam kehidupan seorang anak. Pergeseran suasana hati dan reaksi emosional yang tidak dapat dijelaskan bisa menjadi hal yang umum selama fase kehidupan ini.

7. Kehamilan

Perubahan kadar hormon selama kehamilan dapat menyebabkan perubahan emosi dan mood. Selain itu, wanita hamil sering mengalami perubahan fisik dan stres emosional yang dapat membuat masalah seperti perubahan suasana hati dan curahan emosi menjadi lebih parah.

8. Menopause (Mati haid)

Transisi besar lainnya dalam hidup, menopause, dikaitkan dengan periode perubahan suasana hati. Saat kadar estrogen turun, banyak wanita mengalami berbagai gejala, termasuk perubahan mood, hot flashes, insomnia, dan penurunan gairah seks. Beberapa dokter akan memberi wanita perimenopause obat pengganti hormon untuk membantu memasuki fase kehidupan estrogen rendah.

Bagaimana Memperbaiki Mood Wanita ?

Anda dapat menstabilkan suasana hati dan meningkatkan kesehatan untuk menghindari perubahan suasana hati dan emosi di masa mendatang. Perawatan untuk perubahan mood berikut fokus pada gaya hidup atau perawatan alternatif yang bisa Anda coba di rumah. Perawatan lain, termasuk obat resep, terkadang digunakan.

1. Berolahragalah secara teratur

Bergerak dan berolahraga sangat bagus untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Mereka juga dapat membantu Anda mengatasi atau menghindari perubahan suasana hati. Saat berolahraga, tubuh Anda menghasilkan hormon perasaan senang dan endorfin yang dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati. Bertujuan untuk 30 menit olahraga sedang 5 hari per minggu.

2. Hindari kafein, alkohol, dan gula

Stimulan dan depresan ini dapat mengubah kondisi alami Anda, membuat perubahan suasana hati menjadi lebih buruk atau menyebabkannya. Memang, kafeina bisa membuat Anda tidak terlalu lelah, tapi juga bisa memperparah kecemasan dan kegugupan.

Alkohol adalah depresan yang dapat memperburuk suasana hati yang buruk atau membuat Anda berperilaku tidak rasional. Makanan manis, meski lezat, bisa menyebabkan perubahan kadar gula darah Anda. Fluktuasi ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan gejala lainnya. Kurangi sebanyak yang Anda bisa pada ketiga makanan tersebut untuk menjaga suasana hati yang stabil.

3. Cobalah suplemen kalsium

StudiesTrusted Source menunjukkan bahwa suplemen kalsium dapat membantu meringankan gejala depresi, kecemasan, dan fluktuasi emosional dari PMS. Dalam satu studi, para partisipan diberi 500 miligram kalsium setiap hari selama 2 bulan. Setelah dua periode, mereka yang menerima suplemen menunjukkan gejala PMS yang jauh lebih ringan.

Selain membantu perubahan suasana hati, suplemen kalsium dapat membantu melindungi tulang dari kerusakan; ini sangat penting bagi wanita perimenopause. Bicarakan dengan dokter Anda tentang suplemen yang tepat untuk Anda.

4. Ubah pola makan Anda

Makan dalam porsi besar tiga kali sehari mungkin tradisional, tetapi makan dalam porsi kecil mungkin lebih baik untuk stabilitas suasana hati. Itu karena perubahan gula darah setelah makan besar dapat berkontribusi pada perubahan emosi. Makanan yang lebih kecil, dibagi sepanjang hari, dapat membantu menstabilkan gula darah Anda untuk menjaga agar perubahan suasana hati yang ekstrem ini tidak terjadi.

5. Terapkan manajemen stres

Stres dan kecemasan dapat memperburuk gejala beberapa kondisi, termasuk PMS. Jika Anda khawatir, berat, atau tegang, belajar mengelola stres dapat membantu Anda menghindari komplikasi, termasuk perubahan suasana hati. Meditasi, pernapasan dalam, dan yoga semuanya terbukti membantu mengelola stres. Terapi pijat atau terapi bicara mungkin juga sangat bermanfaat.

6. Tidur lebih nyenyak

Tidur malam yang nyenyak dapat menyembuhkan banyak penyakit, termasuk mudah tersinggung dan perubahan suasana hati yang ekstrem. Targetkan 7 hingga 8 jam per malam. Jika itu tampak terlalu menakutkan, coba tambahkan hanya 30 menit ekstra dengan membalik setengah jam lebih awal dari biasanya. Setelah Anda berhasil melakukannya, coba tambahkan 30 menit lagi. Penutup mata tambahan akan bertambah dengan cara yang sehat dan bermanfaat.

Kapan harus ke dokter ?

Perubahan suasana hati yang parah terjadi dari waktu ke waktu. Baik itu karena suatu periode atau karena stres yang meningkat dari pekerjaan, banyak faktor yang dapat berkontribusi pada perubahan suasana hati dan sikap ini. Namun, menemukan cara sehat untuk mengatasinya dapat membantu mengurangi risiko perubahan suasana hati di masa depan.

Jika perubahan suasana hati mengganggu hari Anda atau menurut Anda hal itu menjadi lebih bermasalah, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Meskipun banyak penyebab yang mendasari perubahan suasana hati mudah didiagnosis dan diobati, beberapa lainnya mungkin memerlukan perawatan tambahan. Ini mungkin termasuk obat resep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.