Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Cara berpikir logis

Cara berpikir logis

  • oleh

Berikut ini adalah langkah-langkah atau syarat berfikir logis yang dapat Anda ambil untuk menggunakan pemikiran logis di tempat kerja:

1. Luangkan waktu untuk melatih kemampuan

Anda berpikir logis Berpikir logis adalah keterampilan, dan seperti keterampilan lainnya, itu harus dipraktikkan untuk menjadi ahli dalam hal itu. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis, antara lain dengan:

  • Berpartisipasi dalam kegiatan kreatif

Kegiatan kreatif seperti bermain musik, menulis, atau melukis dapat mendukung pemikiran logis dengan membuat otak bekerja dengan cara yang berbeda dan lebih kreatif. Banyak kegiatan kreatif membutuhkan konsentrasi dan pemikiran, dan semakin Anda bekerja untuk mencapai tujuan kreatif tertentu, semakin baik Anda dapat memecahkan masalah dengan berpikir kreatif dan menjaga pola pikir terbuka dan fleksibel.

  • Luangkan waktu untuk mempelajari keterampilan baru

Memperluas pengetahuan Anda dengan mempelajari keterampilan baru akan membantu merangsang pikiran Anda dan mendorong pemikiran logis yang lebih baik. Banyak keterampilan mengharuskan Anda untuk merencanakan dan memikirkan keterampilan dengan hati-hati serta mendekati situasi dengan cara yang bijaksana. Ini dapat berkontribusi untuk membiasakan pikiran Anda untuk belajar dan berpikir dengan cara baru dan meningkatkan keterampilan logika yang lebih efektif.

  • Mengajukan pertanyaan

Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang biasanya tidak Anda pertanyakan dapat membantu Anda memiliki pola pikir untuk mengevaluasi berbagai jawaban atas satu pertanyaan dan menimbang setiap jawaban berdasarkan informasi yang telah Anda berikan. Misalnya, jika Anda bekerja di departemen desain grafis organisasi Anda tetapi ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja departemen pemasaran, pertimbangkan untuk mengajukan pertanyaan kepada anggota departemen ini dan perluas pengetahuan Anda sebanyak mungkin. Ini akan membantu Anda menggunakan pemikiran kritis untuk menghubungkan bagaimana departemen pemasaran berhubungan dengan departemen desain grafis, yang merupakan bentuk pemikiran logis.

2. Kenali berbagai jenis penalaran logis

Ada tiga jenis penalaran logis, termasuk:

  • Penalaran deduktif: Ini adalah proses mencapai kesimpulan dengan memeriksa hipotesis yang mungkin.
  • Penalaran abduktif: Ini melibatkan kesimpulan menggunakan informasi yang sudah Anda ketahui.
  • Penalaran induktif: Bentuk penalaran ini membuat generalisasi yang luas dari data atau pengamatan yang tepat. Ketiga jenis penalaran itu penting, dan mengetahui mana yang digunakan dalam situasi tertentu akan memungkinkan Anda untuk berhasil menggunakan keterampilan logika di tempat kerja.

3. Jauhkan emosimu

Saat mencoba memecahkan masalah, emosi bisa mudah terbawa, terutama jika itu adalah situasi yang membuat stres. Tapi, emosi hanya akan mengaburkan pikiran Anda dan mengalihkan perhatian Anda dari kesimpulan yang efektif dan membuat keputusan yang solid. Jika Anda berpikir secara emosional daripada logis, istirahatlah dan kembali ke masalah setelah Anda dapat menjernihkan pikiran

4. Ketahui apa tujuan Anda

Masuk ke situasi dengan tujuan akhir yang jelas dalam pikiran sangat penting untuk pemikiran logis yang efektif. Tanpa tujuan yang jelas, Anda rentan terhadap gangguan dan dapat dengan mudah teralihkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.