Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Bagaimana Cara Mengatasi Threat Atau Ancaman Dalam Suatu Perusahaan

Bagaimana Cara Mengatasi Threat Atau Ancaman Dalam Suatu Perusahaan

  • oleh

Ancaman pemasaran adalah bagian dari lingkungan eksternal, dan mereka akan tetap ada tidak peduli seberapa tua atau muda bisnis Anda. Mereka adalah bagian dari lingkungan eksternal Anda dan mereka harus selalu ditangani sehingga Anda dapat mencapai tujuan pemasaran perusahaan Anda.

Dikutip dari chron.com berikut ini adalah Cara Mengatasi Threat Atau Ancaman Dalam Suatu Perusahaan.

Berbagai Jenis Ancaman di Pasar dan Cara Mengatasinya

Ada dua cara utama untuk melindungi pangsa pasar Anda agar tidak dikanibal oleh pesaing yang menawarkan harga rendah dan umumnya mengatasi persaingan. Anda dapat mempermainkan biaya produk atau kekuatan produk Anda. Jika Anda memiliki keunggulan dibandingkan pesaing Anda dalam hal biaya, maka Anda dapat memanfaatkan keunggulan itu untuk menurunkan harga Anda agar sesuai dengan pesaing Anda. Selama biaya Anda cukup rendah, Anda masih bisa mendapat untung, meski dengan harga murah.

Masalah dengan strategi ini adalah bahwa Anda hanya dapat menurunkan harga sampai titik tertentu sebelum tidak lagi layak. Di situlah strategi lain masuk. Anda juga dapat membedakan diri Anda dari pesaing dengan menambahkan nilai pada produk Anda dengan cara tertentu. Tentu saja, Anda harus mencoba untuk memiliki produk yang kualitasnya lebih tinggi dari pesaing Anda. Namun, itu bukan satu-satunya cara Anda dapat menambah nilai. Anda juga dapat memasukkan hal-hal seperti perawatan gratis atau pemasangan gratis atau layanan pelanggan 24 jam sebagai bagian dari harga produk. Pelanggan akan merasa bahwa mereka mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan Anda daripada yang mereka dapatkan dengan pesaing Anda.

Analisis SWOT

Sementara Anda mengeksplorasi gagasan ancaman itu sendiri, di sini, harus disebutkan bahwa seluruh analisis ancaman di pasar Anda cocok dengan kerangka kerja yang lebih luas yang dikenal sebagai analisis SWOT. Sebelum Anda dapat mengeksplorasi ide dan pilihan Anda tentang cara mengatasi ancaman dan kelemahan yang Anda hadapi, Anda harus memahami apa itu analisis SWOT. SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats. Ini adalah metode di mana bisnis dapat menganalisis lingkungan eksternalnya untuk merencanakan strategi masa depannya dengan lebih baik untuk mendapatkan kelonggaran di pasar.

Kekuatan

Inilah kekuatan bisnis. Merekalah yang membuat bisnis menonjol dari para pesaingnya dan, idealnya, bisnis melakukan yang terbaik. Sebuah bisnis mungkin sangat bagus dalam menghasilkan barang berkualitas, memberikan layanan pelanggan yang sangat baik, atau merangsang moral karyawan yang tidak seperti pesaingnya. Apa pun kekuatannya, itu harus memberi bisnis semacam keunggulan kompetitif di pasar.

Kelemahan

Kelemahan bisnis adalah hal-hal yang harus dilihat bisnis untuk ditingkatkan ke depannya. Bisnis yang menghasilkan perangkat lunak yang sangat baik mungkin memiliki layanan pelanggan yang buruk. Di sisi lain, mungkin memiliki layanan pelanggan terbaik di pasar tetapi kualitas produk terburuk. Apa pun kelemahannya, itu harus menjadi sesuatu yang melekat dalam bisnis yang dapat dikendalikan dan diperbaiki.

Peluang

Ini adalah peluang eksternal dalam lingkungan industri yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis. Biasanya, peluang tidak selalu merupakan peluang bagi setiap pemain di pasar. Mereka biasanya merupakan peluang karena digabungkan dengan kekuatan individu dari bisnis sedemikian rupa sehingga bisnis dapat memanfaatkan peluang untuk menghasilkan keuntungan. Ini juga bisa menjadi peluang umum yang disebabkan oleh celah di pasar yang dapat diisi oleh bisnis.

Melihat Lebih Dekat Ancaman

Ancaman pemasaran bisa datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bisa apa saja, termasuk perubahan peraturan yang membuat operasi lebih mahal secara umum atau kepatuhan sangat sulit, produk baru yang masuk ke pasar dengan performa lebih baik dan harga lebih rendah, pesaing yang masuk ke pasar yang dapat beroperasi dengan biaya lebih rendah daripada bisnis, atau hanya pesaing baru pada umumnya. Faktanya, ancaman bisa saja ada untuk bisnis bahkan sebelum bisnis tersebut masuk ke dalam bisnis: dalam kasus tersebut mereka disebut penghalang untuk masuk. Selain itu, ancaman dapat disebabkan oleh perubahan politik, ekonomi, sosial dan teknologi di lingkungan. Inti dari masalah ini adalah kenyataan bahwa ancaman adalah segala sesuatu yang menghambat pembuatan laba atau operasinya.

Memantau Ancaman Anda Secara Detail

Karena perekonomian selalu berubah, terlebih lagi dengan kecepatan yang berbeda-beda dari satu industri ke industri lainnya, bisnis harus terus memantau ancaman yang dihadapinya dalam lingkungannya dan menghasilkan strategi yang efektif untuk mengelola ancaman ini. Selain itu, bisnis harus siap untuk mengubah dan meningkatkan strategi ini saat ancaman baru muncul atau hal-hal berubah tentang ancaman lama. Di sini, alat yang ampuh yang dapat Anda gunakan untuk keuntungan Anda adalah internet, yang akan memungkinkan Anda untuk memantau apa yang sedang dilakukan pesaing Anda dan melakukan analisis ancaman kompetitif serta untuk mengetahui ancaman baru apa yang muncul di industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.