Lompat ke konten
Home » Sosial Politik » Apakah yang digolongkan sebagai kebijakan publik?

Apakah yang digolongkan sebagai kebijakan publik?

  • oleh
  • Februari 2, 2021Februari 2, 2021

Kebijakan publik adalah kebijakan yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Guna memahami kebijakan publik, maka perlu dilihat sebagai suatu “sistem hukum” (system of law) yang terdiri dari :

1.  Isi hukum (content of law), yaitu uraian atau penjabaran tertulis dari suatu  kebijakan  yang  tertuang  dalam  bentuk  perundang-undangan, peraturan, dan keputusan pemerintah. Ada juga kebijakan-kebijakan yang lebih merupakan kesepakatan umum (konvensi) yang tidak tertulis.

2.  Tata-laksana   hokum (structure   of law),   yang   terdiri   dari (1)semua   perangkat   kelembagaan/lembaga-lembaga   hukum   seperti birokrasi pemerintah, pengadilan, penjara, partai politik, dll; serta (2) pelaksana/aparat pelaksana dari isi hukum yang berlaku seperti hakim, jaksa, pengacara, polisi tentara, pejabat pemerintah, anggota DPR, dll.

3.  Budaya hukum (culture of law), merupakan aspek kontekstual (= aspek yang berhubungan dengan situasi suatu kejadian) dari sistem hukum yang berlaku yaitu tentang persepsi, pemahaman, sikap penerimaan, praktik pelaksanaan, penafsiran terhadap dua aspek sistem hukum (isi dan  tata-laksana  hukum).  Termasuk  juga  bentuk-bentuk  tanggapan (reaksi, respon) masyarakat.terhadap pelaksanaan isi dan tata-hukum tersebut.

“Advokasi yang baik adalah yang secara sengaja dan sistematis memang dirancang untuk mendesakkan adanya dan terjadinya perubahan dalam isi, tata-laksana, dan budaya hukum yang berlaku.”

Referensi : Universitas Gadjah Mada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.