Lompat ke konten
Home » Kesehatan Masyarakat » Apa itu NCP (The Nutrition Care Process)

Apa itu NCP (The Nutrition Care Process)

  • oleh
  • Maret 18, 2021Maret 18, 2021

NCP (The Nutrition Care Process) adalah pendekatan sistematis untuk menyediakan perawatan nutrisi berkualitas tinggi .NCP (The Nutrition Care Process) dirancang untuk meningkatkan konsistensi dan kualitas perawatan individual untuk pasien / klien atau kelompok dan prediktabilitas hasil pasien / klien. Ini tidak dimaksudkan untuk membakukan perawatan nutrisi untuk setiap pasien / klien, tetapi untuk menetapkan proses standar untuk memberikan perawatan.

NCP (The Nutrition Care Process) dalam bahasa indonesia memiliki arti Proses Perawatan Gizi.

Empat Proses NCP (The Nutrition Care Process) :

1. Nutrition Assessment : adalah Penilaian Gizi  yang mengumpulkan dan mendokumentasikan informasi seperti makanan atau riwayat terkait gizi; data biokimia, tes dan prosedur medis; pengukuran antropometri, temuan fisik yang berfokus pada nutrisi dan riwayat klien.

2. Nutrition Diagnosis : adalah Diagnosis Nutrisi  Data yang dikumpulkan selama asesmen nutrisi memandu dalam memilih diagnosis nutrisi yang sesuai (yaitu, menyebutkan masalah spesifik).

3. Nutrition Intervention : Adalah Intervensi Nutrisi kemudian memilih intervensi nutrisi yang akan diarahkan ke akar penyebab (atau etiologi) masalah nutrisi dan ditujukan untuk mengurangi tanda dan gejala diagnosis.

4.  Nutrition Monitoring/Evaluation : Adalah Pemantauan / Evaluasi Gizi: Langkah terakhir dari proses ini adalah pemantauan dan evaluasi, yang digunakan RDN untuk menentukan apakah klien telah mencapai, atau membuat kemajuan menuju, tujuan yang direncanakan.

image by : https://www.researchgate.net

Menggunakan NCP tidak berarti bahwa semua klien mendapatkan perawatan yang sama. Penggunaan proses perawatan memberikan kerangka kerja bagi RDN untuk membuat perawatan individual, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan nilai klien dan menggunakan bukti terbaik yang tersedia untuk membuat keputusan. Disiplin lain dalam perawatan kesehatan, termasuk keperawatan, terapi fisik dan terapi okupasi telah mengadopsi proses perawatan khusus untuk disiplin mereka.

Pada tahun 2003, Dewan Delegasi Akademi mengadopsi NCP untuk memberikan RDN kerangka kerja untuk pemikiran kritis dan pengambilan keputusan – yang mengarah pada perawatan yang lebih efisien dan efektif dan pengakuan yang lebih besar atas peran RDN di semua pengaturan perawatan. Pada awalnya Proses Perawatan Gizi mungkin tampak seperti pendekatan linier; namun, selama interaksi / janji temu dengan klien, RDN akan sering menyelesaikan langkah-langkah penilaian dan diagnosis, dan dapat memulai Intervensi Gizi ketika klien mengungkapkan bagian lain dari data / informasi penilaian baru yang akan menyebabkan RDN kembali menilai, dan mendiagnosis ulang dan mungkin mengubah rencana yang telah dia mulai diskusikan dengan klien. Oleh karena itu, Proses Perawatan Gizi direpresentasikan sebagai sebuah lingkaran dalam Model Perawatan Gizi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.