Lompat ke konten
Home » Sosial Politik » Agama dan Perubahan Sosial

Agama dan Perubahan Sosial

  • oleh

Teori Perubahan Sosial

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada sistem dan struktur sosial yang ada.. Beberapa Teori perubahan sosial antara lain :

a.   Teori Evolusioner, tokoh antara lain Auguste Comte, Hebert Spencer,Karl Marx, yang  menyatakan  bahwa  perubahan  itu  akan  terjadi  secara  perlahan-lahan berjenjang dan mengikuti perkembangan yang linier.

b. Teori Neo Evolosioner teori ini mencoba untuk memperbaiki kelemahan yang ada pada  teori  evolusioner.  Tokoh  Laster  F  Ward  terkenal  sebagai  Bapak  Teori Pendidikan dengan Telic Progress . Ferdinan Tonnies dikenal dengan konsep Geselfschaflich dan Gemeinchaflich.

c. Teori Siklus, tokohnya antara lain Oswald Spangler yang menyatakan bahwa perubahan itu akan terjadi dimulai dari kelahiran – pertumbuhan – keruntuhan kelahiran  kembali  di  butuhkan  waktu 1000  tahun.

Pitirin  Sorokin  mengenal perubahan    dimulai    dengan    Kebudayaan    ideasional.    idealistik    dan sensasi.Sedangkan Arnold Toynbee menyatakan peradaban besar selalu berada pada sikius kelahiran – pertumbuhan – keruntuihan dan kematian.

Peranan Agama dalam Perubahan Sosial

Agama pada kenyataannya di dasarkan pada anggapan dasar yang mutlak dan nilainya bersifat universal dan abstrak, maka agama memiliki risistensi yang tinggi terhadap  pengaruh  yang  datang  dan  luar,  Pada  masyarakat  modern  dengan perubahan yang cepat agama, akan menjadi pegangan bagi mereka yang mengalami anomi.

Lembaga agama merupakan lembaga yang paling sublim dalam masyarakat yang modern. Perubahan sosial yang terkait pada agama hanya menyentuh pada demensi jasmaniah saja, sedangkan demensi bathiniahnya tidak.

Referensi : Universitas Gadjah Mada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.